BANG JAPAR INDONESIA Ikut Berperan Dalam Launching Gerbang Betawi Lestarikan Budaya dan Kesenian Asli Betawi

0

BANG JAPAR INDONESIA Ikut Berperan Dalam Launching Gerbang Betawi Lestarikan Budaya dan Kesenian Asli Betawi

Jakarta | bangjapar.Id – Sebagai Presidium Daerah yang belum lama dikukuhkan Presidium Daerah mendapatkan banyak pujian atas progres kerjasama dengan unsur Tiga Pilar, dan dari sanalah keterlibatan BANG JAPAR INDONESIA Presidium Daerah Jakarta Timur pada acara launching Gerbang Betawi yang diadakan di Kawasan Jakarta Timur ini berlangsung dari Tanggal 25-29 Oktober 2017. Kami bangga bisa menjadi bagian dalam acara ini” pungkas Tri Priyono salah seorang pengurus Presda Jakarta Timur yang turut mewakili rekan lainnya terlebih Ir.Hj Mariana Harahap sebagai Bendahara Umum BANG JAPAR INDONESIA turut hadir selaku Panitia acara.

Kebudayaan betawi mulai banyak dilestarikan oleh para stake holder. Pelestarian kebudayaan betawi salah satunya muncul dengan kehadiran Gerakan Kebangkitan (Gerbang) Betawi.

Menurut Ketua Panitia Prof. Sylviana Murni Gerbang Betawi bukan gerakan politik dan tidak akan menjadi gerakan politik. Ini murni melestarikan budaya Betawi. Dalam event ini, berbagai literatur karya orang Betawi dan varian kuliner dan berbagai kesenian asli Betawi turut meramaikan event Gerbang Betawi sejak 25-29 Oktober 2017.

Ide Gerbang Betawi dibangun atas dasar kemandirian. Gerbang Betawi merupakan gerakan Intelektual dan profesional,” kata dia di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Mantan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan dalam rangkain acara ini, selain berbagai kesenian Betawi, akan ada video pemetaaan sejarah Betawi. Adapun peluncuran resmi Gerbang Betawi dilaksanakan 29 Oktober 2017.

” Gerakan ini diharapkan berfungsi sebagai agen perubahan atas pola pikir, perilamu dan pola rasa masyarakat Betawu menuju ke arah yang lebih baik,” kata Sylviana.

Sebagai catatan Gerbang Betawi adalah lanjutan dari perjuangan KMB (Keluarga Mahasiswa Betawi) yang didirikan tahun 1978.
Gerbang Betawi yang diinisiasi oleh tokoh Betawi Prof Sylviana Murni dan dr Ashari serta sejumlah profesional Betawi lainnya, akan diresmikan pada 28 Oktober 2017. Gerbang Betawi ini berada di Pusat Kebudayaan Betawi (Gedung Eks Kodim), Jalan Raya Bekasi Timur No 76 Jatinegara, Jakarta Timur.

Sebelum peresmian Gerbang Betawi tersebut akan diadakan Pagelaran Seni Budaya Betawi bertajuk “Keriaan Betawi Jatinegara 2017”, sejak hari ini hingga 28 Oktober 2017. Saat grand launching Gerbang Betawi dijadwalkan akan hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Gerbang Betawi adalah gerakan moral, intelektual, dan profesional. Gerakan ini diharapkan berfungsi sebagai agen perubahan (agent of change) atas pola pikir (mindset), perilaku (attitude), dan pola rasa (spiritualisme) masyarakat Betawi menuju ke arah yang lebih baik.

“Gerbang Betawi menciptakan sumber daya manusia Betawi dengan intelektualitas, profesionalitas, dan moralitas (IPM) yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Direktur Eksekutif Gerbang Betawi dr Ashari.

Untuk memeriahkan grand launching Gerbang Betawi akan dirangkai sejumlah kegiatan pendukung, antara lain bazar dan kuliner, pameran lukisan (Sarnadi Adam), parade seni siswa, fashion show, lomba nyanyi, pertunjukan seni budaya Betawi (Lenong, Gambang Kromong dan Tanjidor), atraksi silat, lomba cerpen Betawi, lomba nyanyi lagu-lagu Betawi, museum mini, band Betawi, hingga video mapping.

Tak kalah menarik akan digelar diskusi dengan tema “Melahirkan Juragan-juragan Muda Betawi” pada Jumat, 27 Oktober 2017 dengan nara sumber Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi, CEO Socentix David Darmawan, dan Davi Kemayoran (Betawi Punya Distro).

Sehari sebelumnya atau Kamis, 26 Oktober 2017 akan digelar Diskusi Publik “Going Green Betawi Punya Gaye”, dan talkshow bersama Puteri Indonesia pada Sabtu, 28 Oktober 2017.

Jakarta, 4 Shafar 1439H
SZ/25-10-2017

Leave A Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat