ANTARA HARAPAN DAN PENGHORMATAN SERTA KADO ISTIMEWA

0

Jakarta | bangjapar.id

“ANTARA HARAPAN DAN PENGHORMATAN SERTA KADO ISTIMEWA”

Banyak hal pelajaran yang bisa didapat tidak hanya dari guru, seperti pepatah Minang alam takambang (terbentang) jadi guru” adalah kalimat filosofis yang mengisyaratkan kita untuk belajar juga dari fenomena alam. Ciri gunung mau meletus ditandai turunnya hewan buas yang ada diatas gunung untuk menyelamatkan diri sebagai pertanda bahwa gunung tersebut sebentar lagi akan meletus, Tsunami yang akan terjadi atau diawali gempa dahsyat sebelumnya tidaklah kalah diisyaratkan oleh ikan-ikan dan biota laut lainnya yang melakukan pergerakan perpindahan,seperti dikomando ikan ikan hijrah ketempat yang lain, serta tanda tanda sebelum gempa besar terjadi ada tanda tanda awan yang biasanya bergerak dan berbentuk horizontal sekarang berbentuk vertikal dan secara keilmuan itu dikarenakan adanya konsentrasi Medan magnet yang berlebihan dua atau tiga hari sebelum gempa dan awan tersebut biasanya akan vertikal ke arah Pusat gempa.

Kapan kejadian itulah rahasia Illahi yang tidak berhak satu orang mahluk mengetahuinya. Manusia hanya punya kodrat untuk berusaha atau berikhtiar, sedang zona sang Illahi jangan sekali-kali dilanggar.

Berkaca pada paparan diatas ada sedikit Narasi dari beberapa orang saudagar yang berdagang jenis barang yang masing-masingnya berbeda dengan ukuran Ikhtiar mereka hidup aman dan saling mendukung satu sama lainnya sehingga pada suatu saat datang Saudagar dari tanah seberang kita sebut saja RM, yang memberikan informasi bahwa ada kesempatan kita untuk mendapatkan harta Karun di kota B, sedang semua saudagar ini berdagang dan berasal dari kota J, dari penuturan RM di kota B ada harta Karun yang tertimbun dan jumlahnya sangat menggiurkan dan dapat meyakinkan kelima saudagar tersebut bahwa penguasa di kota B telah memberi mandat untuk segera dilakukan eksplorasi harta Karun tersebut.

Kita sebut saja lima saudagar yang saling kenal dan akrab tersebut adalah SJ, AR, SB,PK,PM dan masih banyak lagi pedagang yang sebenarnya ada dalam kesatuan yang kokoh, dan biasanya kelima saudagar tersebut menjadi panutan bagi pedagang lainnya.

Disebabkan ketertarikan untuk mendapatkan keuntungan lebih dari paparan saudagar RM untuk mendapatkan harta Karun maka disepakatilah bagi hasil sebelum berangkat (Ini sudah melanggar hak Allah seolah mendahului dia bahwa kegiatan tersebut pasti berhasil dan dari segi Syariat Muamalah kegiatan seperti ini masuk kategori riba menyepakati kesepakatan diawal tanpa melihat proses sama seperti para ijon yang membeli hasil panen sebelum panen tiba).

Dan entah apalagi harapan pribadi yang sudah bertransaksi didalam hati, dalam hal ini RM bisa meyakini kelimanya bahwa mereka akan berhasil mendapatkan harta Karun tersebut.

Peran SJ dalam hal ini sangat sentral karena melalui dia RM datang meyakinkan yang lainnya, dan dengan mimik serta bahasa tubuh yang meyakinkan hingga mengiyakan paparannya dan dalam pemaparannya penguasa kota B akan dapat penghargaan jika harta Karun tersebut ditemukan.

Singkat cerita setelah melakukan eksplorasi di kota B ternyata harta karun tersebut nihil dan penguasa kota B pun juga bingung lalu bertanya, ente-ente dapat informasi darimana bahwa di kota ini ada harta karun? Serempak kelimanya mencari kesalahan diantaranya yang awalnya karib mulai renggang , yang tadinya saling percaya sekarang saling menyalahkan, yang tadinya damai saling bahagia karena punya tugas yang beda dan karena barang dagangannya berbeda sekarang timbul friksi .

Hanya satu kesimpulan jangan melangkahi hak-haknya Allah walau itu hanya sebatas iming-iming, tetaplah fokus dengan apa yang kita kerjakan dan jangan mencampur adukan antara harapan, penghormatan karena keduanya punya substansi yang berbeda. Kado Istimewa bagi yang mau belajar dari apa saja yang bisa dipelajari termasuk kepada alam ini karena Allah melalui alam selalu memberikan tanda-tanda bagi kaum yang berfikir, siapa yang memulai (kegaduhan istilah keren sekarang) dialah yang bertanggungjawab memperbaiki kembali hubungan baik tersebut karena sebagai panutan pedagang lainnya dan kembali fokus serta menjadikan hal ini
pelajaran yang berharga akan pentingnya informasi yang akurat jangan mudah percaya dengan tren sesaat dan juga tidak mudah mengumbar janji yang berakibat bisa mengalihkan fokus masing masing untuk berdagang atau inikah taktik dagang RM untuk mengekspansi daerah lain dalam perdagangan Wallahu alam.

Jakarta, 17 Muharram 1439H
SZ/MC/PWJP/07-10-2017

Leave A Reply

Your email address will not be published.